PENGANTAR
BISNIS
Kelas : 1EB20
NAMA NPM
Arrafah Marzuqoh 28212115
Ayu PutriSari 21212291
Fachmi Putri R 22212592
Badar Adi wijaya 21212331
Bryan artha 28212359
Tulisan
3
Judul : Perkembangan Bisnis Karaoke Membuka Peluang
Usaha
BAB I
PENDAHULUAN
Perkembangan gaya hidup
masyarakat yang semakin maju, membuat kebiasaan sehari-hari pun mengalami
perubahan. Dimulai dari kebiasaan mencari rekreasi atau hiburan,
bersosialisasi, dan sampai kebiasaan konsumsi pun ikut berubah, hal ini
mengalami perubahan yang cukup dramatis ditengah - tengah kebutuhan manusia
yang serba praktis dan cenderung konsumtif. Sebagai contoh, bila sebelumnya
kita terbiasa makan bersama keluarga dirumah, maka sekarang kebiasaan itu mulai
hilang atau tergantikan dengan lebih sering menyantap makanan diluar, seperti
mall, cafe, dan restoran.
Selain itu kebiasaan
menyanyi, yang bisa dimanfaatkan untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat
menciptakan peluang atau bisnis yang cukup besar, khususnya dalam menyediakan
tempat hiburan karaoke keluarga yang nyaman, modern, tetapi harga yang
ditawarkan terjangkau karena menggunakan sistem
franchise yang memberikan keuntungan yang menarik dengan investasi yang
menjanjikan. Setelah sepekan bergelut dengan pekerjaan, sejenak melepas penat
tidak ada salahnya dengan mengunjungi tempat hiburan seperti tempat karaoke
keluarga. Salah satu penyebabnya adalah karena kesibukan, mobilitas masyarakat
yang semakin maju yang mencerminkan gaya hidup mewah, serta pengaruh
globalisasi yang semakin berkembang mengahantarkan kita ke arah gaya hidup dan
kebudayaan masyarakat yang modern dan dinamis.
Di berbagai wilayah di
Indonesia, Bisnis karaoke saat ini semakin marak dan menjamur bahkan tak terbendung lagi ikut mewarnai
hingar bingarnya susasana kehidupan kota sampai merambah ke kota- kota kecil. Dari berbagai
kalangan mulai dari karangan remaja sampai manula dan dari kalangan menengah
sampai atas. Karena masyarakat Indonesia semakin menyukai aktivitas bernyanyi,
terbukti dari acara TV acara lomba nyanyi seperti Idola Cilik, Indonesia Idol
dan sebagainya merupakan acara yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia.
Dan bisnis ini berfungsi untuk menarik keluarga yang ingin menghabiskan dan menikmati
waktu luang bersama anggota keluarga.
Perkembangan industri
karaoke keluarga berkembang begitu pesat, seperti: happy puppy, NAV karaoke,
Venus dan sebagainya banyak terdapat lebih dari 30.000 usaha karaoke keluarga di Indonesia. Bisnis karaoke keluarga makin
hari makin meningkat. Terbukti banyak usaha bisnis karoke yang bermunculan,
mulai dari yang berkelas biasa, sekelas hotel
sampai sekelas bintang lima. Mereka berlomba membuat usaha mereka
semakin berkembang dengan menyajikan service yang memuaskan, seperti: ruangan
ber-AC, menyediakan berbagai macam ruangan mulai dari small room sampai big
room, koleksi lagu terlengkap mancanegara maupun lokal, pelayanan pesan antar
makan dan minum.
Perkembangan industri jasa hiburan ini ternyata memberikan
warna tersendiri terhadap kehidupan sosial masyarakat di Indonesia, bahkan
mengakibatkan terjadinya perubahan sosial budaya.
BAB 2
ISI
ISI
2.1 Konsumen
Konsumen
bisnis usaha karaoke ini terutama adalah keluarga, baik kalangan muda, tua
hingga anak – anak yang ingin merasakan hiburan selepas melakukan aktivitas
sehari – hari.
2.2 Info bisnis
Kita harus
menyediakan tempat yang strategis, nyaman dan yang menghibur. Ketiga harus kita
kemas menjadi satu tempat bisnis karaoke kita. Selain itu sediakan juga lahan
untuk parkir yang dapat menampung kendaraan pengunjung
atau konsumen. Dan faktor
lainnya, kita harus mepersiapkan sound system, peredam suara, dan pemutar DVD,
VCD, TV dan mic. Jika kelengkapan alat sudah dipersiapkan, hal selanjutnya
menata ruangan karaoke kita bisa membagi ruangan tersebut kedalam beberapa tipe
dari mulai small room sampai big room sesuai selera. Kita
juga dapat membuka usaha lainnya yaitu cafe atau restoran yang menyediakan
makanan dan minuman ringan, hal tersebut dapat memberikan tambahan pemasukan
serta menambah kenyamanan bagi pengunjung dalam berkaraoke. Siapkan
juga harga sewa ruangan karaoke per jamnya, harga disini juga turut
mempengaruhi usaha kita. Harga sewa juga boleh kita lakukan observasi di tempat
karaoke – karaoke lainnya untuk membandingkan dan dapat dijadikan bahan
referensi dalam membuka usaha karaoke. Rata – rata biaya karaoke per jamnya
sekitar Rp 50.000 – Rp 125.000.
2.3 Kelebihan bisnis
Masyarakat
perkotaan cenderung membutuhkan hiburan namun tidak jauh tempatnya. Hal ini
disebabkan faktor libur atau macet, mereka malas untuk berpegian jauh karena
pada hari libur biasanya terjadi kemacetan dimana – mana. Oleh karena itu
bisnis karaoke merupakan pilihan hiburan yang tepat.
2.4 Kendala bisnis
Kendala
terbesar dalam bisnis karaoke ini adalah modal yang relatif membutuhkan banyak
biaya. Selain itu faktor selanjutnya adalah persaingan yang cukup banyak,
karena saat ini banyak sekali yang mendirikan bisnis karaoke.
2.5 Cara mengantisipasi hambatan bisnis
karaoke
Memberikan
fasilitas yang berbeda dengan bisnis karaoke lainnya, dengan memberikan diskon
atau potongan harga pada hari – hari besar. Serta fasilitas atau service yang
memuaskan konsumen seperti : harga makanan dan minuman yang terjangkau, ruangan
karaoke yang nyaman, bersih, lahan parkir yang luas, pada umumnya harga karaoke
malam lebih mahal dibandingkan karaoke pada siang hari, dalam hal ini kita
samakan harganya, kelengkapan alat karaoke yang lengkap dan baik.
2.6 Pemasaran
Dengan
kemajuan teknologi kita dapat memanfaatkan fasilitas internet yang memberikan
kita kemudahan dapat melakukan berbagai hal, seperti : Dalam hal ini, memasaran
bisnis karaoke. Kita tidak perlu repot – repot dan mengeluarkan biaya untuk
memasarkan bisnis yang ingin kita bangun. Selain itu kita dapat membagikan
pamflet, brosur dan stiker di sekitar lokasi usaha maupun di tempat – tempat yang
strategis, maupun mendirikan papan nama bisnis karaoke kita di sekitar lokasi
usaha agar masyarakat luas dapat mengetahui bisnis yang sedang kita rintis.
BAB 3
PENUTUP
Karaoke merupakan tempat usaha yang
menyediakan fasilitas untuk bernyayi dengan diiringi berbagai lagu sebagai salah
satu usaha dalam berbisnis dan dilengkapi berbagai fasilitas yang dapat
memanjakan konsumen seperti menyediakan berbagai ruangan, pelayanan makan dan
minum. Berkaraoke bisa dilakukan sendiri, berkelompok atau dipandu, tergantung
keinginan konsumen dan fasilitas yang ada pada sound system karaoke tersebut.
Berbagai aneka lagu pun tersedia dengan berbagai macam jenis lagu mancanegara
maupun lokal. Mereka dapat menikmati lagu serta bersenang- senang dengan lagu
yang mereka bawakan.
Faktor
utama dalam membangun bisnis karaoke adalah pemasaran, pelayanan baik itu
pelayanan makanan dan minuman. Bila harga makanan/minuman yang ditawarkan
terjangkau, dengan rasa yang enak dijamin tempat karaoke kita akan semakin
mantap dipercaya. Maupun service, seperti : kelengkapan alat, yaitu sound
system hal ini sering kali terlupakan. Padahal hal ini sangat berpengaruh, kualitas audio yang baik akan
memberikan suara music yang terdengar jelas. Koleksi jenis lagu – lagu, semakin
up-to-date dengan jumlah yang banyak koleksi lagunya tentu tempat karaoke akan
semakin diminati. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap perkembangan bisnis
anda nantinya atau mendatang. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah
kenyamanan tempat karaoke yang ditawarkan. Rasa nyaman akan membuat konsumen
betah berlama – lama berada di tempat karaoke dan ingin kembali berkunjung ke
tempat karaoke yang kita miliki.
3.3 DAFTAR PUSTAKA
http://tanyajawabbisnis.blogspot.com/2009/01/bisnis-karaoke.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar