Kamis, 27 Desember 2012

Pengantar Bisnis Tulisan 1


PENGANTAR BISNIS


Kelas                : 1EB20


NAMA                                             NPM
Arrafah Marzuqoh                           28212115

Ayu PutriSari                                  21212291

Fachmi Putri R                               22212592

Badar  Adi wijaya                            21212331

Bryan artha                                    28212359



 Tulisan 1
Judul : Restoran waralaba A&W ITC Cempaka Mas


BAB 1
PENDAHULUAN

Di era globalisasi sekarang ini, bisnis restoran tergolong usaha yang sangat menarik dan menjanjikan, alasannya setiap hari semua manusia pasti memerlukan makanan dan minuman untuk kelangsungan hidupnya. Karena itulah prospek bisnis restoran akan selalu cerah.

Agar sebuah restoran maju dan berkembang maka restoran tersebut harus mampu membidik pelanggannya di segmen tertentu atau segmen khusus. Harian Bisnis Indonesia mencatat, omzet bisnis restoran dengan segmen khusus tetap tumbuh 10-30% per bulan meski masyarakat belakangan ini berhati-hati membelanjakan rupiahnya sebagai dampak dari krisis global.

            Bahkan, beberapa pebisnis restoran berani menyebutkan bahwa laba bisnis ini sangat besar, bisa mencapai 150% atau lebih. Tentunya laba sebesar itu hanya berlaku bagi restoran-restoran yang sudah berhasil menjaring konsumen untuk menjadi pelanggan restoran tersebut dalam jumlah yang besar .

            Hal itulah yang membuat usaha di bidang makanan dan minuman ini menjadi salah satu bisnis terfavorit dibanding sektor usaha lainnya, sehingga bisnis ini banyak dilakukan oleh orang-orang yang ingin mencoba peruntungannya di bisnis tersebut.

Ada yang membuka restoran dengan menggunakan merk atau nama dagang sendiri ada pula yang membeli merk restoran yang sudah terkenal dengan sistem waralaba (franchaise).

BAB 2
ISI

2.1 Sejarah dan Perkembangan Restoran A&W
Salah satu restoran waralaba yang cukup berhasil di Indonesia adalah Restoran A&W, yang berasal dari California, Amerika Serikat. Restoran ini awalnya hanya sebuah kios rootbeer sederhana. Kios A&W rootbeer ini pertama kali diperkenalkan oleh Roy Allen, seorang pengusaha di Lodi, California pada bulan Juni 1919. 

Gambar 1.1. Kios A&W Yang Pertama

Allen menggunakan formula yang sangat unik dan beraroma khas untuk rootbeer buatannya. Rootbeer A&W merupakan paduan dari sari tetumbuhan, rempah-rempah dan beberapa campuran yang hingga kini masih dirahasiakannya. Allen mendapatkan formula unik itu dari seorang ahli farmasi di Arizona.

Sejak kesuksesan kios rootbeer pertamanya di Lodi, Roy Allen kemudian membuka kios rootbeer lainnya, salah satunya di dekat Sacramento. Kios ini merupakan kios penjualan minuman yang menerapkan konsep 'drive-in' pertama di dunia.

Gambar 1.2. Restoran A&W Dengan Konsep ‘Drive-In”

Sejalan dengan perkembangan usahanya, pada tahun 1922 Allen mengajak Frank Wright, karyawannya di Lodi, California untuk menjadi rekan usahanya. Merk restoran A&W sendiri merupakan inisial dari dua nama mereka, yakni "Allen & Wright", dan nama minumannya menjadi A&W Rootbeer. Penerapan logo A&W dilakukan sekitar tahun itu juga, dengan memasang logo A&W pada gelas mug-nya. 

Gambar 1.3. Logo A&W pada mug-nya

Dalam perkembangannya, restoran A&W mengalami beberapa kali perubahan, baik perubahan kepemilikan perusahaan maupun logo yang dipergunakan. Logo pertama A&W semula berupa lingkaran donat, inisial A&W dan tulisan "ice cold rootbeer" didalamnya dengan anak panah yang tertancap tepat ditengah. Versi logo ini ada beberapa, yakni hitam putih, hitam merah (1948, seringkali disebut Red & Black Bulls Eye) dan coklat oranye (1961, Brown & Orange Bulls Eye).

Logo A&W mengalami perubahan yang cukup signifikan pada tahun 1968, yakni dengan mengubah bentuk donat menjadi oval dengan tetap menggunakan inisial A&W ditengahnya. Simbol anak panah dilepas, sehingga kesan A&W lebih simpel dan mudah diingat. Versi lain dari logo ini muncul antara lain versi logo untuk ulang tahun A&W yang ke-75.

Namun demikian bentuk dasar logo ini tetap dipergunakan hingga sekarang dan hanya mengalami sedikit perubahan pada tahun 1995, yakni dengan mengubah jenis huruf A&W, menjadi jenis huruf italic atau huruf miring. Konsep penjualan yang dilakukan A&W juga mengalami perubahan, dari yang semula merupakan kios drive-in untuk rootbeer, menjadi restoran cepat saji.

Gambar 1.4. Logo Restoran A&W

            Sementara untuk standar menu utama restoran A&W mulai dikenalkan pada tahun 1978. Sejak itu perusahaan mengenalkan konsep baru restoran A&W. Restoran ini mempunyai banyak menu makanan siap saji (fast food) seperti hamburger, kentang goreng, ayam goreng dan hot dog serta rootbeer A&W tentunya.

Gambar 1.5. Menu fast food A&W

Pada tahun 2000 Yorkshire Global Restaurants, Inc. menjadi induk perusahaan untuk restoran A&W. Namun, tahun 2002 Yorkshire Global Restaurants, Inc. Diakuisisi oleh Tricon Global Restaurants. Sebagai refleksi dari akuisisi tersebut, kemudian perusahaan berganti nama menjadi Yum! Brands Inc., (perusahaan restoran yang memiliki system unit terbesar di dunia).

Nama Yum! terpilih karena melambangkan harapan perusahaan untuk memberikan kepuasan ‘Yum!’ di wajah para konsumennya di seluruh dunia. Dengan lima merek dagang yang beroperasi di bawah naungan satu perusahaan yang sama, Yum! akan menjadi yang terbaik dalam memberikan berbagai pilihan kepada konsumen, dan secara pasti akan memimpin dalam usaha multi-branding.

Selain memiliki Restoran A&W, Yum! Brands Inc. adalah pemilik waralaba merek dagang lainnya seperti Pizza Hut, Taco Bell, KFC dan Long John Silvers.

Kini genap 90 tahun usianya, A&W menjadi salah satu restoran cepat saji terbesar di dunia dengan minuman rootbeer khasnya dan anak cabang restoran tersebar di seluruh dunia, antara lain Australia, Iran, Bangladesh, Kanada, Cina, Mesir, Jerman, Jepang, Kuwait, Indonesia, Malaysia, Filipina, Qatar, Thailand, Singapura, Inggris dan Uni Emirat Arab.

Di Indonesia sendiri, restoran A&W berdiri sejak tahun 1985.  Restoran A&W kini memiliki gerai yang berjumlah sekitar 200-an outlet dan tersebar di seluruh Tanah Air. Menu yang disajikan oleh restoran ini 100 persen halal dan hanya restoran A&W Indonesia yang menjual nasi dan perkedel.

2.2 Pelayanan Restoran A&W ITC Cempaka Mas
           
Bisnis restoran di Indonesia kini semakin menjamur. Berkembangnya bisnis ini, khususnya restoran-restoran waralaba ini membuat tingkat persaingan antar mereka menjadi semakin ketat. Persaingan ini disebabkan oleh adanya kemajuan zaman dan perkembangan teknologi yang pada akhirnya mempengaruhi perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, termasuk kebutuhan akan makan dan minum.

Persaingan di bisnis restoran yang semakin ketat, mau tidak mau memaksa manajemen restoran untuk merancang strategi baru sehingga restoran bisa meraup sebanyak mungkin pelanggan setia. Saat ini restoran-restoran waralaba saling berlomba-lomba untuk memberikan produk dan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggannya. Berbagai menu baik makanan maupun minuman disediakan untuk memanjakan perut para pelanggannya. 

Oleh karena itu, penulis merasa perlu untuk mengetahui seberapa besar upaya yang dilakukan manajemen restoran waralaba tersebut, dalam hal ini khususnya restoran A&W cabang ITC Cempaka Mas, Jakarta.

            Hasil observasi penulis terhadap restoran A&W cabang ITC Cempaka Mas memperlihatkan bahwa semua karyawan dan karyawati yang bekerja di restoran A&W ini berusaha keras memberikan pelayanan yang terbaik dengan menyediakan produk makanan dan minuman yang bercita rasa istimewa kepada pelanggannya.

            Meski restoran baru buka pukul 08.00 wib, namun sejak pukul 07.00 pagi mereka sudah datang untuk memulai pekerjaannya. Jam kerja karyawan dibagi dalam dua giliran (shift), yakni shift pagi dan shift siang dalam satu pekan. Shift pagi mulai pukul 07.00 wib sampai 16.00 wib dan shift siang pukul 14.00 wib hingga pukul 22.00 wib.

Pelayanan yang ramah dan hangat dirasakan langsung oleh penulis ketika mengunjungi restoran A&W tersebut. Dengan senyum ramah seorang karyawan restoran A&W yang bertugas sebagai kasir menyapa penulis seraya menanyakan jenis makanan dan minuman yang akan dibeli oleh penulis. Karyawan tersebut juga menawarkan sejumlah paket menu yang ada di restoran ini kepada penulis.

Gambar 2.1. Karyawan A&W Siap Melayani Pelanggan

Produk makanan dan minuman yang disajikan juga disesuaikan dengan selera maupun kebutuhan pelanggan. Setiap periode tertentu manajemen restoran melakukan riset pasar tentang makanan dan minuman apa saja yang paling disukai, berapa kali membeli makanan tersebut, dimana jika hendak beli makanan itu dan informasi lain yang berkaitan dengan selera konsumen.

Gambar 2.2. Karyawan A&W Sedang Melayani Pelanggan

Sebagai restoran cepat saji, restoran A&W memiliki kekhasan berupa menu minuman rootbeer yang tidak ditemukan di restoran fast food lain. Disamping itu, cita rasa masakan yang istimewa ini adalah hasil racikan resep orisinal negara asal restoran tersebut, yakni Amerika Serikat (AS).

Harga makanan dan minuman yang ditawarkan restoran A&W sangat beragam namun tetap terjangkau oleh pelanggannya. Untuk menarik pelanggan yang lebih banyak, perusahaan juga menawarkan sejumlah paket makanan dan minuman dengan harga yang menarik dan juga paket gratis.

Paket gratis 1 dengan membeli dua ayam plus minuman yang harganya Rp. 26.818 ditambah pajak 10%, maka pengunjung mendapatkan gratis 1 porsi nasi. Sedangkan Paket gratis 2, yakni 1 porsi nasi bisa didapat gratis untuk pembelian paket yang berisi 1 porsi sup ditambah 1 ayam seharga Rp. 14.636 ditambah pajak 10%. Selanjutnya, gratis 1 porsi nasi jika membeli paket 3, yang isinya chicken chunk ditambah minuman yang harganya hanya Rp. 17.454 ditambah pajak 10%.

Berbeda dengan ketiga paket gratis lainnya, jika membeli paket gratis 4 yang berisi burger dan minuman seharga Rp 23.818 ditambah pajak 10%, pengunjung mendapatkan gratis satu buah ice cream cone special.

Gambar 2.3. Berbagai Paket Gratis di A&W ITC Cempaka Mas

Selain paket gratis, restoran A&W juga menawarkan paket menu lainnya seperti paket kentang yang terdiri dari dua ayam, 1 porsi kentang dan 1 minuman.


Gambar 2.4. Paket Kentang di A&W ITC Cempaka Mas

Salah satu menu yang menjadi favorit pelanggan di restoran A&W cabang ITC Cempaka Mas adalah paket seru yang terdiri dari nasi + ayam dengan harga per paket Rp. 16.000,-. Disamping itu, restoran A&W juga menawarkan berbagai burger dengan cita rasa istimewa.

Gambar 2.5. Burger di A&W ITC Cempaka Mas

        Untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggannya saat bersantap di restoran ini, desain dan interior ruangan restoran A&W ditata sedemikian rupa sehingga pelanggan merasa betah dan nyaman. Desain dan interior ruangan dirancang dengan mengambil gaya minimalis modern. Hal itu terlihat dari pemanfaatan ruangan, peletakan sejumlah kursi dan meja yang akan digunakan pelanggan untuk bersantap serta lukisan yang dipajang di dinding. Pasalnya, manajemen restoran memang sangat mengutamakan kenyamanan kepada pelanggannya.


Gambar 2.2. Desain dan interior ruangan di restoran A&W
Di ITC Cempaka Mas, Jakarta

Selain nyaman, ruangan di dalam restoran yang berada di lantai 5 ITC Cempaka Mas ini juga senantiasa dijaga kebersihan dan keamanannya. Karena itu lah restoran di tempat ini selalu ramai dikunjungi pelanggannya, terutama pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional.

Pelanggan restoran ini kebanyakan adalah orang-orang muda yang kebanyakan berusia antara 15 hingga 35 tahun dengan status sosial ekonomi : kelas menengah ke atas.

Gambar 2.3. Dua Orang Pelanggan A&W Membayar Makanan di Kasir

       

BAB 3

PENUTUP


Dari hasil observasi yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa prospek bisnis restoran, khususnya restoran waralaba A&W akan selalu cerah karena setiap hari semua manusia pasti memerlukan makanan dan minuman untuk kelangsungan hidupnya.


Pelayanan yang diberikan petugas di restoran A&W ITC Cempaka Mas, Jakarta, cukup baik dan ramah. Makanan yang disajikan bercita rasa istimewa (enak) dengan harga jual yang terjangkau. Ruangan di dalam restoran A&W juga nyaman.

            Agar menarik lebih banyak pelanggan, restoran A&W sebaiknya lebih banyak lagi membuat paket gratis. Menu makanan yang disajikan juga sebaiknya ditambah jenisnya agar lebih bervariasi.
Manajemen A&W kiranya perlu melakukan riset dan pengembangan produk secara terus-menerus, agar makanan dan minuman di restoran ini tetap disukai pelanggannya.

            Mengantisipasi era internet yang serba online, ada baiknya manajemen A&W menyediakan fasilitis hotspot gratis di dalam restoran A&W, agar pelanggan dapat mengakses internet dengan mudah dan cepat.

           
3.3 Daftar Pustaka
Observasi langsung dilapangan A&W Cempaka mas
http://web.bisnis.com, 30/03/2009.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar